Mengatasi Invalid IMEI dengan Menggunakan MTKDroidTools

Bismillahirrahmanirrahim...

Seringkali masalah yang timbul setelah selesai rooting atau ganti custom rom salah satunya adalah terjadi invalid IMEI. Namun jangan khawatir, berikut akan saya share salah satu langkah Mengatasi Invalid IMEI dengan Menggunakan MTKDroidTools.

Sebelum kita mulai, silahkan dulu siapkan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu di antaranya adalah: komputer PC/laptop, kabel USB, dan file MTK DroidTools

Silahkan Download dulu bahannya di sini



Langkah Mengatasi Invalid IMEI dengan Menggunakan MTKDroidTools:

  1. Ekstrak dulu MTKDroidTools.
  2. Koneksikan HP ke PC. Pastikan dalam kondisi nyala dan debugging mode sudah dicentang.
  3. Kita cek dulu, ADB drivernya, silahkan masuk ke folder ADB dan klik 2 kali pada ADB.exe, akan muncul Command Prompt , dan kita tidak perlu utak-atik, biarkan dia menghilang sendiri.
  4. Buka MTKDroidTools.
  5. Akan muncul jendela program , jangan klik apapun , biarkan software mendeteksi HP kita , secara perlahan muncul spesifikasi/detil dari HP kita.
  6. Di bagian tengah window , ada tombol IMEI/NVRAM , silahkan di klik , dan isi lah IMEI yang agan ingin isi. Pastikan IMEI sama dengan yang ada di HP. Bisa di cek dulu di box HP atau dibelakang batrei. 
  7. Setelah itu, klik REPLACE IMEI , di sebelah kolom pengisian IMEI baru.
  8. Secara otomatis, muncul dialog "ANDA YAKIN INGIN blablablabla " , klik YES , dan pilih tombol REBOOT di sebelah POJOK KANAN BAWAH , dan HP akan restart dengan sendirinya.
  9. Apabila sudah selesai , MTKDroidtools akan kembali mendeteksi HP agan , dan pastikan IMEI asli agan sudah tersedia di "phone information".
  10. Selamat Mencoba.. :)

Demikian postingan saya kali ini tentang sedikit Tips Mengatasi Invalid IMEI dengan Menggunakan MTKDroidTools. Jika dengan cara diatas masih belum bisa mengatasi invalid IMEI, anda bisa membaca artikel serupa untuk mengatasi invalid IMEI di [Tips] Tutorial Mengatasi Invalid IMEI pada Android.



69 comments:

  1. tombol IMEI/NVRAM ngga bisa di klik gan...warna abu2

    ReplyDelete
  2. driver HH androidnya udah dipastiin keinstal n kedetect belum? coba dicek dulu. kalo belum bisa diklik berarti masih belum kedetect

    ReplyDelete
    Replies
    1. .cara cek drivernya gimana gan ?

      Delete
  3. kok g berhasil ya gan?
    ttp null isinya setelah reboot.

    ReplyDelete
  4. diulangi lg gan. kadang pada beberapa HH memang perlu diulang beberapa kali. pake HH apa agan?

    ReplyDelete
  5. tararenks gan wat samua'y.....saiiiix

    ReplyDelete
  6. maaf gan ane dah mencobanya 5 kali imeinya masih null

    ReplyDelete
  7. tetep aja masih null gan

    ReplyDelete
  8. tulisan root nya tdk muncul gan, di mtk droid nya?
    knpa ya gan?

    ReplyDelete
  9. gan udah di reboot berapa kali aja msh blm bisa juga imei nya masih null

    ReplyDelete
  10. kadang perlu dicoba beberapa kali baru berhasil. Jika tetap g bisa, satu2nya cara ya dengan diflash menggunakan firmware original.

    ReplyDelete
  11. bisa kok.. g semua HP bisa gan.. HP nya apa? tolong kalo komen yang baik ya...

    ReplyDelete
  12. gan tombol IMEI/NVRAM ngga bisa di klik gan
    Galaxy Tab P1000

    ReplyDelete
  13. galaxy tab g support gan.. khusus buat yg pake prosesor mtk alias mediatek

    ReplyDelete
  14. Working on Cross A7*. Thx...

    ReplyDelete
  15. thanks banget gan :')
    ini yang bener" ane cari, sampe stress mikirinnya kalo dibawa ke konter mahal :v
    buat yang bilang hoax, mungkin saudara gak punya hp :v
    alhamdulillah work :v

    ReplyDelete
  16. makasih gan.. insya allah tutorial yang ane share udah ane test dulu sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  17. thanks banget gan,..
    cross A25 gak null lagi,.......skrng dah make rood Ice Cream BreadV2..mantap

    ReplyDelete
  18. kasih link drivernya gan...saya mengunakan galaxy note 3 clone mt6582 n9006

    ReplyDelete
  19. work gan mantap.. berhasil.. thanks gan

    ReplyDelete
  20. dev/radio/pttycmd1 inaccessible , should be Root Shell
    gitu responxa saat ganti imei gan
    mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  21. klo dipakai pada galaxy s2 bisa g gan

    ReplyDelete
  22. andromax c bisa ga gan ?

    ReplyDelete
  23. gan...hp saya samsung galaxy S GT-i9003...kog IMEI/NVRAM g bisa di pencet ya...g nyala gt...padahal status dah kebaca semua gan???

    ReplyDelete
  24. andromax C kayaknya bisa gan...

    kalo g bisa kepencet coba agan download driver samsungnya dulu. kalo tetep g bisa berarti g support gan.. :)

    ReplyDelete
  25. om fajr,... minta pencerahanya ya,.. ane dah puyeng neh,,hp saya sinyal GSM_nya ilang dua_duay ( evcoss a7s ) saya udah cuba teritorial di atas tapi tetep gagal napa ya om... saya dah pake mtkdroidtools_228 dan 248 tetep gagaL...

    ReplyDelete
  26. gan latif hidayat, solusinya kalo g bisa pake cara ini ya diflash ulang gan pake ROM original...

    ReplyDelete
  27. udah saya flash berulang kali om tetep gatot,... maren hp saya botlop gara2 instal app saya flash sendiri langsung sukses ,.. x ni bener2 fuye om,... minta link rom evcoss a7s low om fajr punya. tq om untuk waktunta...

    ReplyDelete
  28. ntar malem coba tak upload.kalo siang lemot soalnya.. hehe tunggu aja.

    ReplyDelete
  29. gan.. hp ane lenovo a390 imei nya hilang/invalid. saat mau diisikan lagi gk bisa gan. gk bisa masuk.. .itu gmna ya gan...? bantu ane gan..

    ReplyDelete
  30. pake cara diatas tetep g bisa gan? kalo g bisa biasanya ya diflash gan. coba agan gabung ke grup fbnya Lenovo A390 nanti bisa tanya2 disana.

    ReplyDelete
  31. kudu di root ya gan?

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. gan mau tanya ... imei saya jd 004999010640000/01 setelah root dan ganti kernel,,, saya sudah coba pake mtkdroid.. tp hpnya tidak terdeteksi... bisa tolong solusinya ?

    ReplyDelete
  34. bisa jadi g support untuk HH agan.. kalo boleh tau HH nya apa? kalo tetep g bisa, agak coba nyari update kernel yg lain..

    ReplyDelete
  35. gan,kalau evercoss a7 bisa ga dengan cara di atas.hh saya ga ada imei ma sinyalnya ga ada.makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bisa gan. prosesornya kan mediatek juga. ane belum pernah coba ke A7s sejauh ini ane testing ke cross A25 and A7*

      Delete
    2. itu mah cross a7 yang gb,gan.hh saya a7 jb 4.2.2.

      Delete
  36. misi gan, kalo kode imeinya ga tau gimana ya....imei yg ke 2nya itu,coss hp di kasih tmn

    ReplyDelete
  37. Hilman: kemungkinan bisa kok. yang ngaruh soalnya MTK nya. bukan OS nya.
    Aditya: kan bisa diliat dibalik batre ada IMEI nya gan. kalo cuma satu disamain aja gpp.

    ReplyDelete
  38. aku dah coba pake mtkdroid tool gak bisa ke detect trus aku pake cara lewat dos imei mtk bisa. tapi hilang lagi kira-kira 4-5 jam invalid lagi. solusinya gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. HH nya udah di root? soalnya kalo yang pake dos imei mtk syaratnya HHnya harus diroot dulu gan.

      Delete
  39. driver hh nya dapetnya dmna dan cara pemakaiannya gmna....maksh klau jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo driver HH nya bisa googling aja... untuk mediatek cari aja VCOM Driver.

      Delete
  40. kalo mau yang universal bisa pake driver PDA net. googling aja..

    ReplyDelete
  41. evercoss ane imei>null gan ga bisa replace

    ReplyDelete
  42. Replies
    1. kalo tetep g bisa direplace solusinya difactory reset aja. kalo IMEI tetep g muncul ya mau g mau harus diflash ulang..

      Delete
  43. aku udah punya pda net nih tapi aku sambungin hh ke pc kok gak fungsi,,,apa harus konek internet......

    ReplyDelete
  44. Kalau samsung galaxy young s5360 bisa atau gx gan?

    ReplyDelete
  45. kalu nuat MT8389 ada gak ni gan??tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya cara root samsung replika note 3 N9006

      Delete
    2. saya dah coba masukin imei ya tapi tetep null trus knapa ya?

      Delete
    3. kalo tetep nul berarti g cocok sama tipe HH nya gan..

      Delete
  46. Gan klo galaxy note 8.0 imei null/ null bisa ga pake cara di atas

    ReplyDelete
  47. gan itu imeinya klo di ganti pasti terdaftar? karna udh mau di berlakukan imei palsu mau di blockir..

    dan gan mau tanya klo hp bm bisa kasih imei ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. digantinya harus sesuai ama yg di box atau dibelakang batre gan.. Untuk masalah HP BM, kayaknya g bisa asal diisi.

      Delete
  48. ohh gitu yah,,
    tararengqlah gan,,

    ohh ia,, klo hp BM biar ada terdaftar imeinya caranya gimana?
    klo itu imei itu dah di ganti hp itu bisa di blockir ga?

    ReplyDelete