[Tutorial] Cara Partisi SdCard Dengan MiniTool Partition Wizard

Bismillahirrahmanirrahim



Berhubung banyak yang nyari2 cara partisi sdcard tapi g nemu2, ane coba bikin tutorialnya.maaf kalo belepotan. Insya Allah Work.. :)

Langsung aja gan. Bahan2nya:

- Kompi/laptop

- MiniTool Partition Wizard
  •    donlot di sini atau di sini atau search aja di mbah gugel. hehe..
- Rokok ama Kopi. Biar g galau kalau gagal. hehe..

Disini akan saya kasih contoh partisi sdcard 8GB yang mana akan saya buat internal memory HH yang kedetect menjadi 1GB.


Langkah2nya:

  1. Buka MiniTool Partition Wizard lalu klik kanan pada sdcard (bisa di drive F atau H atau yang lain.tergantung sdcard agan kedetect dimana). Pilih Delete
  2. Klik kanan lagi, pilih Create
  3. Partition Label dikosongin aja
  4. Create as diisi Primary
  5. File system pilih yang Fat32
  6. Isi besarnya partisi untuk Fat32 (untuk nyimpen gambar,lagu, dan lain-lain) senilai 6,900MB.
  7. Kalo udah, ulangi lagi step no 2,3,4 dan 5. Namun kali ini untuk File system agan isi Ext3 (atau bisa juga ext2, ext4 tergantung ROM yang agan pake support yang mana)
  8. Isi besarnya partisi untuk Ext3 senilai 1,000MB.
  9. Kalo udah, ulangi lagi step no 2,3,4 dan 5. Namun kali ini untuk File system diisi Linux Swap senilai 100 MB. (Catatan: Untuk HH Cross A7* Bagian linux swap biarkan saja unallocated)
  10. Sudah? Klik tanda centang (√) di pojok kiri atas untuk memulai proses partisi.
  11. Wait for seconds. (udud2 sek karo ngopi2 sek)..hehe
  12. dan... taraaaaaaaaaaa....selesai deh..
  13. Pasang dan silahkan dicek memory internal agan.. :)


Catatan:


Terkadang space sdcard yang kedetect tidak sesuai dengan besar sdcard. contoh: sdcard 8GB kadang hanya kedetect 7,65GB atau sdcard 16GB hanya kedetect 15,55GB. silahkan dikustom sendiri besarnya partisi untuk fat32 maupun ext3 sesuai dengan keinginan agan. namun jangan sampai lupa dengan langkah no 9. tetap dan selalu sisakan 100mb. oke..oke..?? Happy moding.. :)

27 comments:

  1. ikuti tutorialnya baik2 gan. jangan sampai terlewat. pake HP apa gan?

    ReplyDelete
  2. ga bisa gan .

    kterangan'a :
    "Mount Script cannot be created
    Mount: Invalid Argument
    ext3 may not be supported on your device. Try Fat32 on the second partition."

    ane pke device Galaxy Fame SD 8GB .

    ReplyDelete
  3. untuk galaxy fame coba untuk formatnya:
    Fat32: 6,900MB
    Ext3: 1000MB
    linux swap: 100MB. (beda dikit. kalo untuk yang diatas kan yang 100MB ane bikin unallocated)

    Silahkan dicoba..

    ReplyDelete
  4. saya pernah menggunakan mini partition wizard untuk mempartisi SD card. dan saya menggunakan laptop teman saya untuk mempartisi. nah setelah beberapa hr kemudian teman saya bicara kalo laptopnya jadi lemot gara2 stelah menggunakan software itu, saya mau tanya apa benar software itu berperngaruh buat PC/Laptop?
    Mohon jawabanya , Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. setau saya g ngaruh gan. ane pake di laptop g bikin lemot sama sekali kok..

    ReplyDelete
  6. klo pke 16gb cra settingnya apa beda gan?

    ReplyDelete
  7. Tergantung ram HP nya gan.. Kalo ram HP cuma 512 maksimal 2 GB aja untuk yang ext3. biar g terlalu banyak aplikasi yang terinstal. kasian HPnya ntar soalnya..kalo ram 1GB boleh deh dibikin diatas itu..disesuaikan aja sesuai selera.. :)

    ReplyDelete
  8. >Yg di klik aply ini yg fat32/Ext3/linux swap ?
    sdcard sy 2gb...sy jdikn primarynya 1,27gb,Ext3 = 481mb,Linux swapnya = 105mb.

    ReplyDelete
  9. klik apply yang mana gan? step ke berapa? kalo apply tanda centang itu buat memulai proses partisi..:)

    ReplyDelete
  10. kalo pake 2GB setting an ukurangya brp ga??? blzz pliz

    ReplyDelete
  11. kalau pakai samsung grand duos mc 16 gb berapa pembagiannya gan ?

    ReplyDelete
  12. itu memory taro di card reader atau colok HH nya gan, kalo di taro di card reader mesti di format dulu ga?

    ReplyDelete
  13. terserah gan. bisa card reader atau colok HH. yang penting file dibackup dulu ya. soalnya pasti ilang

    ReplyDelete
  14. Gan kalo 8GB Spesifikasi RAM 512 MITO A300 Dual Core 1Ghz Ukuran Partisinya d bikin berapa.?? Soalnya setelah ini saya akan pake' Extreme partisi,. Thank's buat Perhatiannya,. .

    ReplyDelete
  15. kalo ram 512 saran ane 1GB aja gan partisi externalnya. maksimal 1,5GB lah. kasihan ntar HH nya kalo kebanyakan aplikasi malah jebol..

    ReplyDelete
  16. setelah partisi, hh mesti diinstal room lg ga gan?
    kasih video tutorial nya donk gan kayak yang cara root & upgrade rom Icsfreereborn

    ReplyDelete
    Replies
    1. g usah gan. kecuali agan mau menggunakan custom rom. agan bisa lanjut ke tutorial untuk melegakan memori http://momojustshare.blogspot.com/2013/11/tutorial-melegakan-internal-memori.html

      atau

      http://momojustshare.blogspot.com/2013/09/tutorial-link2sd-extreme-untuk.html

      Namun sebagai catatan, jika agan menggunakan rom ICSfreereborn, agan g bisa menggunakan cara diatas karena rom ICSfreereborn sudah menggunakan script melegakan internal sendiri. Jika agan mau menggunakan salah satu cara diatas, agan harus menggunakan ROM ori.

      Delete
  17. Numpang nanya gan.. ane udah ikuti step by stepnya. tapi setiap ane mo bikin (create) di partisi yg baru selalu muncul tulisan " Minitool partition wizard cannot create a new partition on this removable disk. if you like to create several partition on this removable disk,you need to delete all the partition first ".

    Kemudian ane delete dan create new lagi dgn FAT32, setelah itu ane move/resize lagi. dan begitu mau create partisi sisanya (unallocated) tetap saja tulisan diatas keluar lagi :(

    Bingung ane.. ada solusi gan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan2 agan ngeklik yg udah dibikin FAT32 nya? jadi gini. setelah didelete lalu create new. bikin Fat32. nah, dibawahnya ada yg unallocated kan? bikin jadi ext3. kalo tetep g bisa, agan coba bikin fat32 aja lalu proses dimulai. biar ngeformat dulu. setelah itu baru ikuti step by step lg.

      Delete
  18. hadeeeh gaaaan ..ane dah berasiil partisi 8gg nya,yg jd masalah,, sy ga dapet app root explorer.apk ,stiap sy donlod kbanyakan exe gaan,, kumahaa yeuuh.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba donlot yg dari sini gan. disesuaikan ama OS nya ya..
      http://momojustshare.blogspot.com/2014/03/app-root-explorer-v317-apk.html

      Delete
  19. gan.. kenapa untuk linux swap evercoss a7t dibiarkan unallocated?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane belum pernah nggarap A7t. tp kalo untuk cross A7 and A7* linux swapnya dibiarkan unallocated dikarenakan belum mendukung linux swap

      Delete
  20. mau nnya gan kenapa pas sd card di pasang di hape malah SD card rusak dan dsruf format, cara memperbaikinya gmna gan? HH ane andomax U gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin proses partisinya ada yang rusak gan. kalo mau dikembaliin ke semula agan format lg jadi 1 partisi aja. pake yang fat32

      Delete