[News] Mulai 27 Maret 2014 Nokia X Mulai Dipasarkan di Indonesia, Berapa Harganya?

Bismillahirrahmanirrahim...

Nokia X, smartphone pertama milik Nokia yang mengadopsi sistem operasi Android yang telah mulai dipasarkan di kawasan Asia Pasifik dikabarkan akan segera hadir di Indonesia. Kabar terbaru ini ditandai dengan adanya undangan untuk awak media yang disebarkan oleh pihak Nokia Indonesia. Dalam undangan tersebut berisi bahwa perangkat Nokia X akan diluncurkan di Jakarta pada 27 Maret 2014 mendatang. Selain itu terdapat juga kalimat yang berbunyo “Buktikan serunya menggunakan Nokia X yang menggabungkan layanan terbaik Nokia, Microsoft, dan akses ke aplikasi Android”.



Akan tetapi hingga saat ini belum diketahui secara pastiberapa harga smartphone Nokia X di Indonesia. Namun berdasarkan berita yang dikutip dari halaman Liputan6, Senin (24/3/2014), smartphone Android pertama dari Nokia ini telah dipasarkan di Malaysia dengan harga 399 ringgit atau sekitar Rp 1,4 jutaan. Diprediksi, harga Nokia X di Indonesia tidak akan terpaut jauh dengan harga tersebut.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Nokia X adalah salah satu dari tiga perangkat terbaru Nokia yang berbasis Android di jajaran keluarga Nokia X. Selain itu, Nokia juga akan menghadirkan dua ponsel Android lainnya yakni Nokia X+ dan Nokia XL. Kode X pada smartphone ini menandakan bahwa sistem operasi yang digunakan Android 4.1 Jelly Bean yang dipadukan dengan keunikan ponsel seri Asha dan Windows Phone.

Dengan bandrol harga yang terbilang cukup murah untuk ukuran ponsel Android, perangkat ini tetap mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Nokia X menghadirkan layar WVGA 4-inch dengan resolusi 800 x 480 piksel. Selain itu, smartphone besutan perusahaan asal Finlandia ini juga menyematkan prosesor dual-core 1 GHz Qualcomm Snapdragon S4, memori RAM sebesar 512MB, dan penyimpanan internal sebesar 4GB yang dapat ditambah dengan slot MicroSD up to 32GB. Nokia X juga membenamkan 3MP fixed focus kamera belakang dan mendukung dual-SIM.

Namun, walupun menggunakan sistem operasi Android, Nokia X tidak menyediakan layanan akses ke Google Play Store. Untuk mendapatkan aplikasi, pengguna harus masuk ke Nokia Store. Meskipun demikian, Nokia X tetap bisa menjalankan aplikasi Android dengan format APK tanpa harus dimodifikasi.

1 comment: