[Tutorial] Link2SD Extreme Untuk Melegakan Internal Memory

Bismillahirrahmanirrahim....

Kali ini saya akan share sedikit tutorial untuk melegakan internal memory menggunakan Link2SD Extreme. Berdasarkan beberapa request dari user bahwa tidak semua android memiliki internal memory yang besar.

Lalu mengapa disebut Link2SD Extreme? karena dengan trik ini memindahkan app, dalvik cache dan data ke sd-ext.

Oke, Sebelum memulai, adakalanya anda harus membaca warning-warning berikut:
  • Resiko menggunakan tutorial ini adalah, apabila terjadi corrupt pada sdcard, maka bisa menyebabkan force close, bootloop, lag dll. Jadi sangat-sangat disarankan untuk menggunakan sdcard class 10.
  • Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi dengan gadget maupun sdcard anda. disini saya hanya sekedar share apa yang saya ketahui dan telah saya praktekkan.

Langkah-Langkah Melegakan Internal Memory Menggunakan Link2SD Extreme

Step #1:
Harus sudah diroot!! Untuk tutorialnya, silahkan cari-cari sendiri baik di postingan saya sebelumnya maupun lewat Google. hehe..

Step #2:
SdCard sudah dipartisi. Untuk tutorial cara partisi sdcard, silahkan dibaca dipostingan saya berikut ini. "Cara Partisi SdCard Dengan MiniTool Partition Wizard"

Step #3:
  • Matikan dulu koneksi data/WiFi
  • Download dulu Link2sd di sini, lalu instal.
  • Jalankan link2sd, pertama kali kita disusuh pilih lokasi buat bikin script, pilih ext2/ext3 (sesuai dengan format partisi di sdcard) lalu reboot.
  • Buka lagi Link2sd, lalu masuk ke Setting.
  • Matikan Auto link
  • Instal location ganti ke Internal.
  • Matikan relink lib dan relink dex (hilangkan centangnya).
  • Buka Root Explorer. Jika belum punya bisa download dulu di sini.
  • Masuk ke Folder/data

  • Copy folder "app" , "dalvik cache" & "data" ke folder "/data/sdext2". (jika di dalam folder ext2 sudah ada isinya, silahkan dihapus terlebih dahulu).
  • Masih di folder "/data/sdext2":

  • - Klik dan tahan folder "app" pilih "link to this folder"

    - Klik back button (tombol kembali) 1x sehingga kita kembali ke folder "/data"

    - Klik create link, warning pilih Yes


    - Ulangi langkah ini buat folder "dalvik cache" dan "data" yg sudah di copy di folder "/data/sd-ext2"
  • Reboot HH Android anda dan silahkan dicoba untuk instal aplikasi. Jika berhasil, maka internal anda tidak akan berkurang.
Demikian postingan saya kali ini mengenai 'Link2SD Extreme Untuk Melegakan Internal Memory'. Semoga bermanfaat dan selamat Mencoba.. :)

45 comments:

  1. Sukses Min. Thx yah

    udah seminggu lebih pusing sama memori internal isinya cuman 107 MB -_-
    akhirnya skrng Legaa juga :3

    ReplyDelete
  2. sama2 gan... :) kasih plus 1 dong..

    ReplyDelete
  3. di saya kq bootnya bikin lama ya min???cara di atas sudah saya lakukan semua,tapi setelah di reboot malah gak bisa masuk ke andridnya.
    spesifikasi :
    Experia X8
    OS : GingerDX-v031-shakira
    mohon pencerahannya.thx

    ReplyDelete
  4. pertama, HH udah di root belum gan? coba ulangi lg langkah2nya. atau kalo mau coba yg lain, bisa pake tutorial int2ext. jgn lupa sdcard diformat/dipartisi ulang dulu. oya, untuk xperia wajib pake linuxswap saat partisi.

    ReplyDelete
  5. mas fajar, mau tanya nih, pada step #3 setelah reboot, auto link tidak saya centang.. tapi setelahnya kenapa tidak ada pilihan install allocation untuk memilih internal?
    kemudian juga muncul keterangan berikut:
    Mount script error
    mount script cannot be created. mount invalid argument
    ext3 may not be supported on your device. try FAT32 on the second partition.

    ReplyDelete
  6. sebelumnya udah pernah pake script serupa buat gedein internal gan? kaya app2sd atau mount2sd atau semacamnya? kalo iya biasanya crash. oya, cek juga partisinya udah bener apa belum. :)

    ReplyDelete
  7. saya belum pernah pake script apa2 buat gedein internal.. ya barusan ini lihat petunjukx mas fajar.. mulai dari root, ngepartisi dan coba link2sd ini..
    solusix gmana mas fajar? mohon dibantu yah.. maaf kalo berkenan bisa sms no hp mas fajar dong biar kalo ada problem bisa segera saya kontak.. no hp saya 083834175706 mas.. mohon dibantu biar internalx bisa lega..

    ReplyDelete
  8. Saya sudah mengunakan link2sd, tapi cara yang saya gunakan, hanya melink kan app ke ext2, karna waktu saya coba pindahkan tidak bisa di pindah.
    1.Apakah dengan cara yang saya gunakan itu sudah betul apa belum ?
    2.kalau saya mengikuti langkah di atas, apakah saya harus unlink semua app yang sudah saya link kan ke ext2 atau tidak perlu.
    Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  9. kenapa disebut extreme? karena dengan trik ini memindahkan app, dalvik cache dan data ke sd-ext. bedanya itu gan pake ngelink cara biasa. amannya sih, kalo mau pake tutorial ini diunlink semua dulu, diuninstal link2sdnya dulu n folder yg di sdcard. setelah itu instal dan mulai dari awal.. :)

    ReplyDelete
  10. gan,kog HH ane jadi ga bisa install APP ya gan,,mohon pencerahannya, thx :)

    ReplyDelete
  11. sebelumnya udah pernah pake script melegakan memori yang lainnya belum gan? soalnya biasanya suka crash kalo ada dobel

    ReplyDelete
  12. gan .. step2nya dah kelar semua tapi kok malah play store hilang dan gak bisa di install app apa2 ya, mohon solusinya

    ReplyDelete
  13. lha udah diroot blm gan? coba direstore. udah dibackup lum sebelumnya?

    ReplyDelete
  14. gan ko ngelag, solusinya,,,,,,

    ReplyDelete
  15. solusinya pake sdcard class 10 gan. yang kecepatan bacanya ngebut.. :)

    ReplyDelete
  16. trus ini cara blikin nya gmna,,.... sya pake sdcard class 6 gan

    ReplyDelete
  17. diuninstal aja link2sd nya. kalo sdcardnya cukup dipartisi ulang pake format fat32 saja. harusnya class 6 g lemot lho..HH nya apa gan?

    ReplyDelete
  18. brarti sd card sya di format dlu , trus d partisi lgi,,? HH sya galyoung s5360

    ReplyDelete
  19. berarti sd card sya di pertisi ulang,,,,? HH sya galyoung s5360

    ReplyDelete
  20. yup..dipartisi ulang.. kalo masih gagal juga, bisa coba tutorial yang pake script int2ext. ane pribadi lebih suka yang itu.. :)

    ReplyDelete
  21. gan klo mau format sd card lebih baik menggunakn aplikasi untuk format atau seperti biasanya saja (klik kanan drive - Format)
    mhon rekomendasinya,,,,,,

    ReplyDelete
  22. oiya gan klo sd card nya di cabut ngaruh ngga gan ,,,atau ada efeknya ngga ..?
    maaf banyak nanya #newbie

    ReplyDelete
  23. kalo cuma format pake cara biasa juga gpp kok gan. kecuali kalo mau partisi. kalo sdcard dicabut ya pasti bootloop. soalnya aplikasi kan keinstal ke sdcard semua. saran ane tetep cari sdcard kualitas bagus dulu. :)

    ReplyDelete
  24. trus balikin sperti smula gmna ya,,,? soalnya sya mau pake cara yg 'script int2ext' gan,,,

    ReplyDelete
  25. dipartisi ulang biar sdcard bener2 bersih dari scrpit link2sd

    ReplyDelete
  26. mau tanya gan, kalo udah nglakuin cara di atas, terus kalo nge link an lagi aplikasinya dampaknya apa gan?

    ReplyDelete
  27. kalo pake cara diatas otomatis jd auto link ke sdcard kalo instal aplikasi. otomatis memori internal g berkurang. yang berkurang adalah memori sd ext..

    ReplyDelete
  28. oalah makasih gan :D oh iya cara nya ngecek sd card yg dipake itu kelas brp gimana gan?

    ReplyDelete
  29. biasanya ada angka kecil disdcard nya gan. (terkadang dilingkari). angka 4, 6, atau 10. untuk lebih jelasnya, silahkan googling aja, cara mengecek sdcard class

    ReplyDelete
  30. gan, ane dh ikutin caranya..tPI MLah bootloop..it knp y gan? mhon pncraHAn.a..

    ReplyDelete
  31. kalo bootloop itu ada beberapa kemungkinan, di HH sudah ada script yang lain sehingga bentrok, atau bisa juga langkah2nya masih salah...coba dicek lagi. oya, pastikan juga HH udah dalam kondisi root.

    ReplyDelete
  32. "Ulangi langkah ini buat folder "dalvik cache" dan "data" yg sudah di copy di folder "/data/sd-ext2" " Maksudnya apa gan ??

    ReplyDelete
  33. kalo udah di ganti rom perlu di balikin jadi stockrom dulu ga ??

    ReplyDelete
  34. biasanya pada beberapa custom rom udah ada script untuk melegakan memory seperti int2ext+, app2sd atau semacamnya. ada baiknya dicek dulu atau dibaca keterangan custom romnya. soalnya kalo bentrok biasanya menyebabkan bootloop. akan lebih baik lagi sebelum mencoba dibackup dulu via cwm. :)

    ReplyDelete
  35. Gan kalo pake partisi fat32 aja bisa gak gan soal nya partisi ext2 nya gak support gan ane makai galyoung gt S5360 cusrom jellyblast kernel kurotsogi gan

    #balas secepat nya ya gan pliss

    ReplyDelete
  36. kalo pake fat32 bisanya pake link2sd cara biasa gan..

    ReplyDelete
  37. gan, saya udah sukses ikutin tutorial diatas, trus penyebab klo hp ngeleg knp?(padahal aplikasi gak banyak) trus kadang klo ngetik aja ngeleg juga, trus aplikasi kadang force close/"sayang nya telah berhenti. di partisi memo nya saya pake Fat32,ext2,linux swap. maaf ni gan banyak nanya, mohon penjelasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngelag itu faktor kecepatan read n write sdcardnya gan. makanya ane saranin yang class 10 yg wus-wus kecepatannya. hehe. kalo masalah force close mah banyak penyebabnya. bisa karena aplikasi corrupt atau ya gara2 ngelag dipaksa buka.

      Delete
  38. sip mas androidku yg cuma punnya internal 127 masih 109. thank u tutorialnya

    ReplyDelete
  39. Waduh work gan pas sekali nyoba.. Hehe :p Thanks berat gan tutornya ! :D

    ReplyDelete