[News] Android L, Versi Lanjutan Setelah KitKat

Baru-baru ini, Google telah mengungkapkan OS mobile Android versi terbaru yang berawalan huruf "L" di ajang Google I/O, yang berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat. Pada acara tersebut, para developer sudah mendapatkan preview dan dapat langsung digunakan untuk melakukan optimalisasi pada aplikasi mereka sebelum rilisnya Android L, Versi Lanjutan Setelah KitKat ini.

Android L hadir dengan beberapa perubahan terbaru, salah satunya adalah desain visual. Perubahan desain pada Android L mencakup perubahan pada animasi, tipografi, layout, komponen dan warna. Google juga menyebutkan terdapat sekitar 5.000 API baru.

Android L, Versi Lanjutan Setelah KitKat


Google juga mengklaim performa Android L dipastikan akan lebih baik dibanding pendahulunya. Hal ini disebabkan Android L menggunakan Android Runtime (ART) secara penuh. Meskipun fitur tersebut sudah terdapat di KitKat, ART masih opsional karena pada pengembangannya belum final. Google menambahkan bahwa ART memiliki performa lebih cepat hingga dua kali  lipat dibandingkan Dalvik runtime. 

Sayangnya pihak Google belum mengungkapkan nama resmi dari OS Android L, Versi Lanjutan Setelah KitKat ini. Banyak spekulasi yang berkembang bahwa Android L akan dinamakan Android Lollypop. Benarkah? Kita tunggu saja tanggal mainnya... :)



No comments:

Post a Comment