[News] Waspada!! Android 4.1.1 Rentan Terhadap Serangan Virus Heartbleed

Bismillahirrahmanirrahim...

Virus dan malware saat ini tidak hanya menghantui para pengguna PC, namun kini mulai menjadi ancaman serius bagi para pengguna perangkat Android. Terutama bagi anda yang mempunyai smartphone ataupun tablet Android dengan OS 4.1.1 Jelly Bean disarankan untuk lebih berhati-hati.

Seperti dilansir oleh Mashable, baru-baru ini Google mengumumkan bahwa perangkat smartphone maupun tablet Android 4.1.1 Jelly Bean sangat rentan terhadap serangan virus yang dikenal dengan nama Heartbleed. Saat ini pihak Google sudah mempersiapkan patch baru untuk menambal celah keamanan. Patch baru untuk menambal celah tersebut sedang dalam proses distribusi kepada pihak vendor smartphone yang bermitra dengan Android untuk meminimalisir serangan virus tersebut.


Waspada Serangan Virus Heartbleed!!


Google juga telah menghimbau para vendor Android untuk lebih sering merilis update software untuk keamanan. Namun sayangnya himbauan tersebut lebih banyak diabaikan para vendor dengan alasan tingginya biaya pengembangan software.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi serangan virus heartbleed? Instal antivirus dan lakukan scanning secara berkala. Selain itu, minimalisir untuk mendownload konten-konten yang rawan dari internet, semisal konten dewasa ataupun semacamnya.

Memang, seperti telah diketahui, aplikasi antivirus bukanlah cara yang ampuh untuk melawan serangan virus. Namun tak ada salahnya juga kan mencegah lebih baik daripada mengobati? :) 

No comments:

Post a Comment